APKASI Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur Senilai 200 Juta Hasil Gotong Royong Para Bupati

Cianjur, (29/11/2022) sebagai asosiasi yang membawahi 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia, Apkasi melakukan gerak cepat dengan menyalurkan donasi kemanusiaan untuk meringankan masyarakat di Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa bumi.

Donasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan diterima oleh Bupati Cianjur Herman Suherman di Pendopo Pemkab Cianjur, Selasa (29/11/2022).

Dalam sambutannya, Sutan Riska mengucapkan bela sungkawa mendalam atas musibah gempa bumi berkekuatan 5.6 Mw dengan kedalaman 10 km yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia pada 21 November 2022 pukul 13.21 WIB.

“Untuk menyikapi kondisi salah satu anggota Apkasi yang sedang kesusahan, kami mengajak anggota yang lain untuk bergerak bersama-sama meringan beban masyarakat di Cianjur. Semoga masyarakat Cianjur segera pulih, yang luka-luka segera sembuh dan bisa beraktivitas kembali dan yang meninggal diterima di sisi Allah SWT,” kata Bupati Dharmasraya ini.

Donasi kemanusiaan yang digagas Apkasi, lanjut Sutan Riska selaras dengan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang sehari setelah gempa mengimbau kepada para kepala daerah baik bupati, wali kota, dan gubernur di seluruh Indonesia memberikan dana hibah untuk korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hasil Gotong Royong Bupati

Sutan Riska mengatakan donasi kemanusiaan yang disalurkan merupakan hasil gotong royong para bupati dan diberikan dalam bentuk non tunai berupa tenda, selimut serta makanan kebutuhan pokok senilai Rp. 200 juta.

Di samping itu, Sutan Riska secara simbolis juga menyerahkan bantuan dari masyarakat di Kabupaten Dharmasraya berupa 1 ton rendang daging sapi siap santap yang dimasak dan dibawa langsung dari Sumatera Barat.

Tampak mendampingi Pengurus Apkasi lainnya yang secara khusus juga memberikan bantuan atas nama masyarakat yang dipimpinnya seperti Hj. Erlina Bupati Mempawah Kalimantan Barat dan Hj. Safitri Malik selaku Bupati Buru Selatan Maluku.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengucapkan terima kasih atas bantuan kemanusiaan yang diinisiasi oleh Apkasi ini.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingi-tinginya atas bantuan para bupati yang diwadahi oleh Apkasi, serta terkhusus juga untuk masyarakat di Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Buru Selatan yang ikut bersama-sama meringankan beban kami ini. Semoga ini akan menjadi amal kebaikan bagi kita semua,” ujar Bupati Herman. (*)